5 Alasan Pentingnya Memilih Mainan Yang Tepat

Tanya kepada ibu-ibu sibuk kenapa mainan penting bagi anak mereka, mereka dengan senang hati menjawab untuk mengalihkan perhatian anak mereka barang sejenak. Meskipun alasan tersebut baik yaitu sebagai hiburan bagi anak anda, itu bukanlah pertimbangan yang tepat untuk memilih mainan tertentu. Tentu alasan tersebut memberi waktu bagi para ibu untuk fokus pada aktivitas pribadi, tapi ada banyak manfaat yang didapat dengan memilih mainan yang tepat. Pertimbangan paling penting dalam membelikan anak anda mainan adalah bagaimana mainan dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak.

Mainan yang kita pilih pada awal masa perkembangan anak berperan penting untuk mengembangkan kemampuan bahasa, kemampuan motorik (fisik), berpikir kognitif, rasa aman (kondisi emosional), dan kemampuan sosial. Sebelum membeli mainan yang anda pikir sedang trend, pikirkan sejenak dampaknya bagi perkembangan anak. Ingat kelima poin dibawah ini dan anda tidak akan menemukan masalah lagi dalam memilih mainan.

 

1. Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak

Tahukah anda saat anda bergumam dan berbicara pada anak mereka sedang  mempelajari komunikasi dasar? Segala suara yang dikeluarkan anak anda adalah usaha mereka untuk mengkomunikasikan sesuatu kepada anda. Mereka bisa mengekspresikan kesenangan, kecemasan, atau juga emosi lain. Pada dasarnya, bernyanyi tidak hanya mampu menenangkan mereka tapi juga mengajarkan mereka kata-kata. Rekaman lagu anak-anak adalah pilihan tepat bagi mereka yang tidak sempat menyanyikan lagu bagi anak mereka. Membacakan buku, meskipun kepada bayi, sudah berperan besar dalam mengembangkan kemampuan bahasa.

2. Melatih kemampuan motorik halus dan kasar

  • Motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar seperti duduk, menendang, berlari, dan merangkak.
  • Motorik halus adalah kemampuan  yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata-tangan.

Rattle (kerincingan) adalah contoh mainan yang melatih kedua motorik tersebut. Saat mereka belajar menggenggam objek yang mereka lihat adalah langkah awal melatih motorik halus. Gerakan mengambil dan memasukkan ke mulut mereka adalah langkah awal melatih motorik kasar.

Gantungan bayi adalah cara ideal melatih kemampuan motorik sekaligus menyenangkan anak anda dan menarik perhatiannya. Anak anda akan mencapai mainan yang melantunkan musik yang terletak diluar jangkauan mereka.